Tingginya Air Terjun Kali Pancur

by - 00.18.00


Setelah menikmati keindahan Indonesia yang kaya akan budayanya dengan melihat pementasan Tari Topeng Ayu di Desa Ngrawan, Kec. Getasan, kini saatnya menikmati Indonesia dengan keindahan alamnya dengan menyambangi salah satu air terjun dari beberapa air terjun yang ada di sekitar Kopeng yaitu Air Terjun Kali Pancur yang masih satu jalur dengan tempat pertunjukan Tari Topeng Ayu. 

Rute Menuju TKP

Setelah masuk di jalan menuju Gunung Telomoyo di pertigaan mini pom bensin Salaran, begitu sampai di pertigaan pertama lalu berbelok ke kanan lagi. Beberapa meter berjalan akan menemui pertigaan lain dan jika kita berbelok ke kiri kita akan sampai di Desa Tanon atau desa tempat pementasan Tari Topeng Ayu sedangkan untuk menuju Air Terjun Kali Pancur lurus saja mengikuti jalan desa. Tenang saja tak perlu takut kesasar karena banyak petunjuk yang memandu kita untuk sampai ke objek wisata ini.
Air Terjun dengan ketinggian mencapai 100m ini berada di Desa Nogosaren tepatnya di lereng Gunung Telomoyo yang juga bersumber dari sungai yang berada di gunung tersebut dan bermuara di Rawa Pening di Desa Banyu Biru.
Saat perjalanan menuju air terjun tersebut hujan deras mulai turun namun tak menyurutkan niat kami untuk tetap menuju kesana. Tak heran jika setelah sampai di lokasi, kabut tebal pun menutupi sebagian pepohonan di sekitar air terjun tersebut, namun malah membuat pemandangan menjadi luar biasa.


Berada di cekungan alam yang indah dan berhiaskan pepohonan rimbun merupakan kombinasi yang sangat mantap untuk dinikmati. Namun perlu perjuangan untuk mendekati air terjun tersebut yang harus dicapai dengan menuruni anak tangga yang jumlahnya mungkin hampir seribu. 
Saking banyaknya sih jadi ga sempet ngitung jadi disimpulkan sendiri saja mencapai hampir seribu anak tangga  hehe.......
Mini Waterfall di dekat Air Terjun Kali Pancur
Ada satu bangunan kecil di pertengahan turunan anak tangga yang berpagar besi dan digembok. Bangunan itu berisi satu kolam untuk menampung air dari salah satu mata air di Kali Pancur. Air dalam kolam tersebut sangat jernih sekali mungkin mata air itu dikeramatkan penduduk setempat sehingga tak boleh digunakan sembarangan. Sepanjang perjalanan menuju dasar air terjun  juga terdapat beberapa mata air alami lain yang mengalir dengan bebas dan ada dua mata air yang membentuk air terjun mini. Karena aliran mata air ini juga yang membuat anak tangga yang kita pakai untuk menuju dasar air terjun menjadi basah dan akhirnya berlumut sehingga jadilah licin. Perlu kehati-hatian memang untuk menuruni anak tangga tersebut, terlebih saat kami kesana hujan baru saja reda tinggal gerimis-gerimis kecil. 
Setelah hampir sampai dekat air terjun tersebut, percikan-percikan air mulai terlihat beterbangan dan membasahi pakaian. Hal ini tentunya mempersulit saya untuk mengambil foto air terjun tersebut dari dekat. 
Tapi untung ada satu gubuk kecil di dekatnya yang bisa menghalau percikan airnya. Namun tetap saja lensa kamera lama-lama menjadi buram terkena percikan air, tapi hasilnya malah jadi terlihat artistik kan..... 
Dari pada kamera nanti masuk angin eh salah masuk air, maka saya memutuskan untuk naik lagi dan mengambil foto dari pertengahan anak tangga saja. Sepertinya tak kalah kerennya. 
Puas menikmati keindahan panorama Air Terjun Kali Pancur maka kami putuskan untuk megakhiri perjalanan wisata budaya dan alam hari ini dengan mengisi perut dengan bekal yang telah dibawa.

Oiya tempat wisata ini selain cocok buat hunting fotografi, bisa juga digunakan untuk saling mempererat tali kasih sayang. Buktinya saat saya kesana sepanjang jalan turunan anak tangga menuju dasar air terjun banyak sekali berhiaskan para muda mudi yang sedang memadu kasih tanpa malu-malu mengumbar kemesraan dan tak menghiraukan lalu lalang pengunjung lain yang melintas di dekat mereka, seperti dunia milik mereka berdua saja. hehehe :D

Lebih dekat dengan Tingginya Air Terjun Kali Pancur

Kali Pancur Waterfall

Tingginya Air Terjun Kali Pancur

Muda Mudi di Air Terjun Kali Pancur..... cekrikk....!!!

Mata Air yang ditampung di satu kolam di dekat anak tangga Kali Pancur

Buat kamu yang sedang jalan-jalan ke Kopeng selain berwisata di Umbul Songo dan Bukit Pinus, bisa juga datang ke Air Terjun Kali Pancur untuk bisa merasakan sensasi keindahan alam yang menakjubkan. Cobalah....!!!






You May Also Like

1 komentar

Jangan enggan beri kritik dan saran yaaa...!!!