Pantai Dato, Pantai Unggulan Kota Majene




Pantai Dato merupakan salah satu pantai yang menjadi wisata unggulan di Majene. Keunikan pantai ini adalah perpaduan antara pantai karang dan juga pantai pasir putih. Tebing karang yang seolah menyembunyikan pantai ini dari keramaian tak hanya sebagai benteng pemecah ombak saja, namun juga melengkapi keindahan pantai ini. Keunikan lain Pantai Dato adalah airnya yang berwarna biru cerah yang jika dilihat dari atas tebing akan tampak lebih biru sempurna dan jika dilihat dari dekat akan terlihat kebiruan dengan dasar laut yang terlihat karena saking beningnya.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini bisa dipagi hari saat matahari beranjak naik maupun saat sore hari dengan bonus sunset yang sangat indah. Namun jika mau mendapat view air laut yang paling biru, datang di antara pukul 10 – 1 siang.Waktu tersebut adalah yang paling pas untuk mendapat pemandangan bentangan laut yang super luas dengan warna biru menyala, tapi tentunya dengan panas terik matahari yang harus ditahan.

Menuju Pantai Dato

Pantai Dato terletak di Kecamatan Banggae Timur, cukup dekat dengan pusat Kota Majene. Dari jalan utama yaitu Jalan Jendral Sudirman, cobalah cari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majene. Tepat di depannya ada satu jalan masuk mengarah ke tepi laut. Tinggal susuri saja jalan tersebut hingga sekitar 3 km dan setelah menemukan masjid Nurussalam yang berada di kanan jalan belok saja di jalan disamping masjid itu sekitar 2 km. Jalan menuju Pantai Dato cukup lebar dan muat untuk dilewati kendaraan roda empat. Alternatif lain untuk sampai di pantai ini jika tidak membawa kendaraan pribadi adalah dengan ojek yang pangakalannya juga berada di depan KPP Pratama Majene.

Sebelum sampai di pantainya kita bakal disambut oleh dataran luas seperti lapangan yang bisa digunakan untuk camping ceria dan juga sebagai parkir kendaraan. Pemandangan dari tanah lapang ini cukup indah dengan view laut yang tampak luas. Menengok ke bawah bisa langsung memandang pasir putih Pantai Dato yang menggoda setiap orang untuk segera mencicipi butiran lembut pasirnya.

Sebetulnya pantai ini pernah mendapat pengelolaan yang lumayan bagus, terbukti dengan adanya satu bangunan yang mungkin dulunya pernah berfungsi sebagai warung atau apalah itu saya juga kurang tahu karena wujudnya sekarang sudah tidak berbentuk lagi. Selain itu juga ada bangunan anak tangga menuju satu tebing karang tinggi yang dari atasnya bisa melihat pemadangan yang luar biasa. Anak tangga inilah yang juga menjadi ciri khas Pantai Dato.


Keadaan pantainya terkadang bersih namun tak jarang pula mendapat kiriman sampah dari pesisir seberang. Dengan keadaan yang seperti ini, perlu adanya kesadaran bagi para pengunjung untuk tidak lebih mengotori keindahan pantai ini makin parah lagi, kalau bisa malah saat melihat sampah disana coba dipungut dan dibuang di tempat sampah yang ada. Dengan langkah kecil seperti itu semoga suguhan wisata yang tak dipungut biaya sepeserpun itu makin menjadikan Majene sebagai kota wisata yang makin TOP lagi.


Gallery Keindahan Pantai Dato

  • Pantai yang Dikelilingi Tebing Indah





  • Pantai dengan Pasir Putih Lembut





  • Pantai dengan Air Super Biru





  • Pantai dengan Air Super Jernih






  • Pantai yang Cocok Buat Loncat Indah





  • Pantai dengan Sunset yang Sempurna







VIDEO LONCATAN PERTAMAKU DI PANTAI DATO...  hahaha





















Share:

16 komentar

  1. Saya sudah sering mendengar nama pantai ini tapi tak pernah sekalipun berkunjung kesana, ternyata keren juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kunjungi bang, cuman 6 jam doang kan dari Makassar... hehe

      Delete
  2. mantap, kapan-kapan foto konsep di sana bagus tuh hehehe

    ReplyDelete
  3. bro,itu kamera nya pake apa bro,.?
    keren** fotonya,..:D

    ReplyDelete
  4. penasaran kok argya akrab banget di blog yanta > cek sikka> shock > oooo > ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndadak pake shock lho > tak kira udah tau...

      skrg hub mu sama Argya yg blm ku tau mas... nge chek di SIKKA ternyata nggak membuktikan kalo kalian sodara kembar...

      Delete
  5. yanta, tahukah dirimu aku sangat merindukan pantai? *nangis darah*

    ReplyDelete
  6. saya ikut ke Majene boleh?
    atau ke wakatobi ^_^

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Di sepanjang jalan jend. Sudirman banyak penginapan murah dan bagus...
      Kalo mau hotel bintang jg ada di pinggir laut...

      Delete

Jangan enggan beri kritik dan saran yaaa...!!!